Ini No, Potensi Lain Desa Klangon' Pselain Porangjuga Miliki Potensi Buah Durian Melimpah

 



Suksesi Nasional, Madiun-terletak didataran tinggi lereng pegununganPandan, diantarasejuk rimbunan hutan jati ternyata memembawa` berkah tersendiri bagi desa di`ujung timur laut kabupatenwilayahka kabupaten Madiun. Betapa tidak. Desa Klangon K Kkkak Ke Kecamatan an Saradan yang sudah mulai terkenal dengan menghahasil umbi porang ini ternyata juga memiliki potensi buah durianyang lumayan yang melimpah.memulai perbincangqn dia




 

Didik Kuswandi, Kepala Desa Klangon saat bincang bincang dengan suksesinasional mengansantai ia bercerita tentangkeunggulan taman potangkeunggulanporang.eMurutnyaporang  (Amorphophallus muelleri) atau sering juga disebut iles-iles adalah tanaman penghasil umbi. Umbinya yang besar—bisa mencapai lima kilogram—dapat dimakan dan diolah untuk beragam kepentingan. Saat ini, banyak petani menanam porang karena umbi ini menjadi komoditas bernilai tinggi. Apalagi, penanamannya pun relatif mudah. Porang dapat beradaptasi pada berbagai jenis tanah dengan ketinggian lahan bervariasi pula antara 0 hingga 700 mdpl. Selain itu, tanaman porang dapat ditanam secara tumpang sari dengan toleransi naungan 60 persen. Produktivitas tanaman ini pun tinggi, 1 hektarnya menghasilkan kisaran 5–10 ton umbi basah sekali panen.

Ccccccccccccc’’keunggulan utama porang sehingga punya nilai ekonomis yang begitu tinggi adalah karena umbi ini mengandung glukomanan. Glukomanan adalah polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan dan dapat dijadikan pengental alami. Oleh karena itu, selain sebagai bahan pangan, porang dapat diolah menjadi bahan pembuat lem, kapsul, pengikat formulasi tablet, pengganti gel, campuran dalam pembuatan kertas, silikon, hingga isolator listrik. Tak mengherankan, porang dimanfaatkan dalam berbagai industri, antara lain industry”ungkapnya Makanan, kecantikan, bahan bangunan, sampai penerbangan’ungkapnya.

Pada keempatan yang sama Kades DIDIK.menmbahkan selain porang dan durianIamenyebut Madiun,Beritaterbi Di Desa Klangon ini juga Menyimpan Potensidestinasi Wisata DIANTARANYA;destinasiWISATAdiantaranya; Watu Bayang . banyak situs situs,makambudaya yang mungkin  yang mungkin bisa jadi wisata religi.dan makam yang mungkin bisa dinikmatiti saat berkunjung ke Klangonsaat berkunjung ke desa Klangon  budbudayaBudaya,makam makbudaya,SERTA MAKAMmakam yang mungkin bisa dinikmati waktu KlangonDesaKLangon wisatadiadengan menanam penduduk sektari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun.

Diakhir pertemuannkades mantn pelaut bertekat akan akan terus menggali  potensi yang ada ,sekarang ini potensi Buah Durian terus di gali ,juga salah satu program dari Bupati Madiun ,untuk Kita bisa memajukan potensi DesamenurutnyaMenjaga alam yg indah sama dengan mewarisi generasi penerus kita alam yg indah,Menjaga kelestarian hutan menjaga kelestarian alam sama juga mewarisi generasi kita alam yang indah,tuturnya.

“Klangon Sendiri buah Da

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

k k

Redaktur Kalangwanpress

Memberitakan dan Menginformasikan sesuai Data dan Fakta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama