Sedekah Bumi Warga Klodan Tetap Pegang Erat Tradisi Budaya Leluhur

       Tatanan Ambengan bertumpuk menggunung di Pasarean mbah Gelur dan Rumah Kasun  Dodol

Kalangwan Press Ngetos-  Tatanan  Tumpeng atau Ambeng  sesaji bertumpuk   menggunung di pemakaman Kloni atau Pasarean Mbah Gelur sebagai cikal bakal Dusun Dodol Desa Klodan dan Rumah Kasun Dodol Klodan  Kecamatan Ngetos, sebagai ungkapan rasa sukur seluruh warga dusun Dodol   atas hasil panen tahun ini dan harapan untuk   masa tanam berikutnya hasil tanaman  para petani  Dodol  umumnya desa Klodan  bisa melimpah sehingga warga  bisa lebih sejahtera  dan hidup  makmur. Jum’at legi (13 Agustus) 2021

Menurut kepala desa Klodan Hariyono melalui Budiono, kepala dusun Dodol yang merangkap ketua Panitia Nyadran,  kegiatan Tasyakuran Ritual Nyadran yang bertepatan peringatan Suro ini  dilaksanakan di dua tempat  yakni di Makam mbah Gelur dan di rumah kepala Dusun Dodol.

Lebih lanjut Kasun III desa Klodan mengatakan bahwa ritual Nyadran desa Klodan merupakan tradisi yang sudah diuri uri lama sekali  sebagai adat istiadat turun temurun  yang tidak mungkin diabaikan pelaksanaannya. Seperti berkorban ‘wedus kendit’( kambing Hitam dengan belang bulu putih mirip sabuk di pinggang)dan pementasa hiburan seni Langen bekso atau tayup.

“ Karena  Kegiatan bersih desa  tahun ini tahun ini masih dalam suasana Pandemi dengan perpanjangan  PPKM darurat, maka kegiatan ini kita laksanakan sangat sederhana warga lingkungan dan tidak ada undangan resmi. Oleh karena kita  tetap taat aturan dan tetap terapkan taat patuh prokes “ ungkapnya

Di akhir perbincangan dengan Kalangwan press Kasun Budiono menyebut untuk sesi hiburan seni tari pergaulan atau tayup akan digelar nanti malam adapun sebagai babak cek son akan diawali dengan pementasan Karawitan Ibu ibu PKK desa Klodan pimpinan bapak Damirin  yakni Krawitan ‘ laras Mijil sekar Setaman’ pada sore hari. (pur/ Ida)

 

Redaktur Kalangwanpress

Memberitakan dan Menginformasikan sesuai Data dan Fakta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama