Puncak Acara Sedekah Bumi Dusun Bajang Seni Tayup

 

Kalangwan Press Ngluyu- Sedekah bumi atau lebih sering disebut bersih desa sebagai adat istiadat senantiasa dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Apalagi di daerah pinggiran adat budaya  sebagai ungkapan rasa sukur kepada tuhan Yang Maha Esa  atas  panen  yang  berhasil,  Pun  diharapkan  agar  musim  tanam  berikutnya  bisa  berhasil  dengan baik.

 Keyakinan yang lugu dan jujur  tersebut tentu saja akan  senantiasa terpelihara dihati masyarakat.Tak terkecuali  gelar nyadran Dusun Bajang Desa bajang kecamatan Ngluyu kabupaten Nganjuk. Meski hanya dusun kecil dari bagian desa Bajang , akan tetapi semangat melestarikan budaya luhur itu tetap terjaga.Jumat 30 Juli 2021.

Kepala desa Bajang  Sahid saat ditemui Kalangwan press.com mengatakan merasa tak berani meninggalkan kegiatan rutin setahun sekali dilaksanakan ini. Terlebih mengabaikan  seni langen bekso (tayup) yang sesuai rencana akan digelar usai sholat jumat siang  ini


              .Sampur ( selendang) pertama untuk  Pimpinan tertinggi desa  dan ketua Panitia

 

Menguraikan rangkaian kegiatan bersih dusun di daerahnya  kades 3 periode pemerintahan desa ini menerangkan bahwa acara ritual doa  tasyakuran  sudah dilaksanakan tadi pagi  ditiga lokasi diantaranya  punden Sentanan, kemudian ke punden Pancuran yang dilanjutkan ke punden mbah Moni sebelum kemudian dipusatkan pelaksanan tasyakuran  di Gunung Prahu.

 Pada kesempatan tersebut Kades yang mengaku gampang akrab dengan awak media ini berharap dengan pelaksanaan nyadran tahun 2021, dusun dan desa Bajang umumnya senantiasa terjaga dari suker sakit, apalagi yang namanya wabah pandemi ini semoga segera pergi dari negeri ini, sedang tanaman bebas hama hingga hasil melimpah  rakyat senang karena  hidupnya makmur

 “ Ini kegiatan sederhana tapi tetap mengikuti aturan dan taat prokes / dan Alhamdulillah dusun    terpencil ini tetap terjaga dari kematian akibat covid, kalau ada kasus kematian ya kasus kematian biasa” ujarnya dengan  senyum seorang  pawang ( sur)

 

Redaktur Kalangwanpress

Memberitakan dan Menginformasikan sesuai Data dan Fakta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama