Puluhan Awak Media Meriahkan Bersih Desa Kerep Kidul



Istimewa, Kepala Desa Kerep Kidul  saat melenggang  menunjukkan aksi seni Tari pergaulan ( tayup)

Kalangwan Press Bagor- Sinergitas antara pemerintahan desa dan Insan media ternyata tidak sebatas menulis berita kegiatan desa untuk diinformasikan pada pejabat diatasnya dan masyarakat pada umumnya saja.

Lebih dari itu, kecintaan pada seni budaya ternyata telah mempertemukan puluhan awak media dengan warga desa kerep kidul Kecamatan Bagor  yang tengah menyelenggarakan kegiatan sedekah bumi atau nyadran  dalam  rangka melestarikan dan uri uri seni budaya khususnya di Kabupaten Nganjuk serta tradisi jawa di Punden dusun Kerep Kidul  sabtu Pon, 31 juli 2021.

Kecintaan akan seni tari pergaulan atau yang biasa disebut  langen bekso atau tayup ini tidak sekedar hadir melihat akan tetapi kebersamaan itu diwujudkan para jurnalis dengan berpartisipasi turut ngibing, yakni  dengan mengenakan sampur (selendang) menari  bersama  4 Waranggono ( biduan) cantik, nyanyi hingga nyawer reques gending (lagu)

Menurut keterangan  Satino, wartawan  setempat yang Loveris, pecinta  seni tari pergaulan ( langen bekso), memiliki filosofi yang sangat tinggi dan luhur.” Ya meski ada tradisi kurang baik sebagai peninggalan  zaman penjajah, tapi ini seni pergaulan ini memang  ditata penuh kebersamaan, namanya saja tayup ya ditata supaya guyup” ujarnya.


 Awak media didatangi 4 waranggono dengan menyerahkan selendang (sampur), sesaat sebelum ngibing kearena tayupan

Lebih lanjut wartawan yang membiarkan  jenggot dan bulu godeknya meramaikan wajahnya menegaskan, bahwa hari hari ini  yang  utama  bagi semua adalah kesehatan. “Saat ini semua butuh oksigen penyegaran, pikiran yang tenang dan  senang  akan menjadi imun dan kekebalan, Tuturnya. " " " Benar  kawan gembira itu imun, tapi dekat dekat waranggono begini imun baik, tapi iman yang ngedrop men"  ujar  wartawan online berkelakar. 

Kepala desa Kerep Kidul, Jasmin , usai mengawali pembukaan seni  langen bekso, mengatakan kegiatan bersih desa ini dalam rangka tasyakuran, sebagai ungkapan rasa sukur seluruh warga dusun kerep kidul  atas hasil panen tahun ini dan untuk  berikutnya hasil tanaman  para petani kerep kidul bisa melimpah sehingga warga  bisa senang dan karena hidupnya  makmur.

“ Karena  Kegiatan bersih desa  tahun ini tahun ini masih dalam suasana Pandemi dengan PPKM darurat, maka kegiatan ini kita laksanakan sangat sederhana warga lingkungan dan tidak ada undangan resmi. Oleh karena kita taat aturan dan tetap terapkan taat patuh prokes , terupama  dengan 5 M nya “ ungkapnya.

Lebih lanjut Kades mantan Prajurit TNI yang  sangat  enjoy dengan dunia peternakan ini  mengucapkan terima kasih atas  kehadiran dan partisipasi wartawan yang telah turut menyemarakkan nyadran atau bersih desa di daerahnya. ( sur/ida )


Redaktur Kalangwanpress

Memberitakan dan Menginformasikan sesuai Data dan Fakta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama