Patuhi PPKM Darurat Nyadran Sambirejo Tiadakan Pelantikan Waranggono

 

Kalangwan Press Tanjunganom- Ditandai ‘Prosesi ubengan’,  yakni 10 waranggono senior  yang menari mengitari punden mbah Ageng dengan  iringan   11 gending jawa wajib, Tasyakuran bersih desa  Sambirejo kecamatan Tanjunganom kabupaten Nganjuk , meski diformat  sederhana  patuh prokes akan tetapi  giat berlangsung lancar dan sukses tidak mengurangi  khikmad.  Jum’at  (30 Juli 2021)

Kepala desa  Sambirejo Budi  Iwan Sugiarta  dalam sambutan  mengatakan  walaupun  dalam suasana paandemi , tasyakuran di punden mbah Ageng sebagai cikal bakal dusun Ngrajek  ini tetap dilaksanakan  sebagai ungkapan rasa sukur  pada tuhan yang maha Esa.

Meski demikian kades yang kala itu menggunakan busana kejawen tegas mengingatkan akan bahaya  covid varian Delta ,sebagai wabah yang  megancam  siapa saja.”untuk itu ada beda  pada nyadran hari jadi kali ini  yakni tidak adanya pelantikan Waranggono” ungkapnya


Lebih lanjut kades Budi menambahkan  tidak adanya pelantikan  akan tetapi ‘ritual Sakral’, yakni  tarian 10 waranggono diiringi 11 gending jawa wajib mengelilingi  punden ,setelah  para waranggono mendapat syarat  ubo rampe khusus dari panitia.

Sementara Awan Dwi Fauzi, sekretaris Desa Sambirejo saat bincang bincang dengan Kalangwanpress.com mengatakan  bahwa 10 waranggono senior ini memang asli warga Sambirejo . Soal tidak adanya  pelantikan waranggono ya sebagai sebab adanya pandemi. “ Ya biasanya tiap tahun ada pelantikan 10  waranggono atau lebih sesuai permintaan masyarakat setempat  dan itu ada kaitannya dengan Dinas Pariwisata” katanya.

Antusias masyarakat dan warga yang hadir cukup mendukung kegiatan bersih desa ini, warga mengikuti dengan khidmad  rangkaian acara demi acara; sampai tiba acara tumpengan  hingga puncak acara yakni pementasan seni tayub (langen bekso) dibawah komando Lilik , prmugari kenamaan dari Loceret. Sura/ida

Redaktur Kalangwanpress

Memberitakan dan Menginformasikan sesuai Data dan Fakta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama